Pages

Senin, 11 September 2017

KEKUATAN PIKIRAN

Dulu waktu duduk di bangku sekolah menengah pertama (SMP) salah satu mata pelajaran favorit adalah olahraga/penjaskes. Mata pelajaran ini kadang dilakuin di lapangan sekolah atau pergi ke gelanggang olahraga kalau materinya atletik. Terkadang juga kita pergi ke kolam renang kalau sudah waktunya pelajaran berenang.

Mungkin, salah satu materi mata pelajaran olahraga yang menjadi momok hampir semua siswa adalah materi atletik, lebih spesifik lagi materi lari. Ya, tidak jarang guru olahraga memerintahkan kita untuk berlari mengelilingi lapangan sepakbola di jogging track yang sudah disediakan. Pada waktu itu, olahraga lari belum sepopuler sekarang, belum menjadi life style di kebanyakan orang. Jadi, wajar kalau kebanyakan dari kita berusaha kabur atau pura-pura sakit kalau materi olahraganya lari. Lebih simple nya lagi dilakukan para kaum hawa, tinggal bilang sedang datang bulan maka bisa terbebas dari materi lari.

Gw tergolong yang ga suka juga sama materi lari ini. Karena menurut gw ga ada unsur fun nya. Terlalu monoton karena hanya lari mengelilingi lapangan beberapa putaran. Just it.

Seperti halnya mata pelajaran lain, mata pelajaran olahraga juga ada ujiannya. Di setiap materi ada ujian untuk pengambilan nilai. Termasuk materi lari ini. Waktu itu, materi ujian lari adalah kita disuruh lari mengelilingi lapangan sebanyak 6 putaran. Sang guru punya list nilai dimana nilai setiap siswa ditentukan dengan seberapa cepat kita bisa menyelesaikan 6 putaran itu. Agar kita bisa lulus, setidaknya kita harus bisa menyelesaikan 6 putaran itu. Ujian pun di mulai. Kita dipanggil satu-satu sesuai urutan di absen. Guru memanggil 6 siswa sekaligus untuk setiap gelombang. Baiknya, kita lari tidak sendirian, buruknya kita bisa semakin tertekan kalau kita ada diurutan terakhir. Perang pikirian mulai berjalan.

Singkat cerita, gw selalu bisa melewati ujian lari ini dengan baik, bisa menyelesaikan 6 putaran sampai selesai, bahkan tidak jarang tergolong menjadi yang tercepat. Yang menjadi senjata rahasia gw setiap ujian lari adalah KEKUATAN PIKIRAN. Ini yang bakal gw bahas.

Setiap ujian lari, gw selalu bermain dengan pikiran gw. Sebelum lari gw udah nancepin dengan tajem dipikiran gw kalau jumlah putaran yang harus diberesin adalah 6. Ga lebih ga kurang. 6 putaran itu jadi goal gw. Jadi, ketika gw sedang lari, gw ajak diri gw ngobrol, ayo deno 5 putaran lagi (ketika gw berhasil melewati 1 putaran). Ayo deno 4 putaran lagi (ketika gw berhasil melewati 2 putaran). Ayo deno 3 putaran lagi (ketika gw berhasil melewati 3 putaran. Dan seterusnya. Itu yang menjadi senjata gw buat bisa menyelesaikan goal gw, yaitu 6 putaran. Gw selalu bilang ke diri gw sendiri, "ayo sedikit lagi, tinggal segini lagi". Di saat badan gw udah letih, kaki udah kerasa berat buat melangkah, gw pacu pikiran gw dengan kalimat, "ayo sedikit lagi, tinggal segini putaran lagi". Kalimat itu yang menemani sepanjang gw lari sampai akhirnya bisa menyelesaikan ujiannya.

Kenapa gw bisa bilang begitu? Karena gw udah tau goalnya. Gw udah tau jumlah putaran yang harus gw beresin adalah 6. Apa jadinya kalau gw ga tau jumlah putaran yg harus gw beresin? Gw punya cerita soal ini.

Waktu kuliah, gw ikut tim futsal kampus. Waktu itu kita lagi mempersiapkan buat ikut kejuaraan nasional di jogja. Kita 1 tim melalukan training centre di daerah pantai pangandaran. Singkat cerita, salah satu materi yang pelatih kasih buat kita adalah lari. Waktu itu sore-sore kita disuruh lari dipinggir pantai dengan jarak yang sangat jauh. Walaupun jauh, kita tau dan bisa liat dimana ujung finishnya. Dengan susah payah karena lari di atas pasir yang membuat kaki menjadi lebih berat melangkah, kita semua berhasil sampai finish dan balik lagi ke tempat awal. Tentu saja, sepanjang gw lari, gw ajak diri gw ngobrol, "Ayo deno dikit lagi. Finish nya dikit lagi".

Lusanya, kita disuruh lari lagi mengelilingi sekitaran pantai. Bedanya kali ini, pelatih ngga ngasih tau ke kita berapa putaran yang harus kita jalanin. Atau berapa menit kita harus berlari. Kita hanya diperintahkan lari mengelilingi pantai sampai si pelatih meniup peluit tanda kita sudah selesai. Apa yang terjadi pada gw pada sesi latihan ini? PINGSAN. Iya pingsan. Ini adalah pingsan pertama seumur hidup gw. Kenapa bisa? Karena gw ga bisa ajak diri gw ngobrol. Gw ga bisa ajak badan gw ngobrol. Gw ga bisa bujuk kaki gw buat terus melangkah. Karena gw ga tau ini bakal beres sampai kapan.

Di saat badan gw udah lemes, gw coba bujuk dia dengan, "ayo dikit lagi, MUNGKIN 3 putaran lagi beres". Eh ternyata belum. Di saat kaki gw udah gemeter, gw coba bujuk dengan, "ayo dikit lagi, MUNGKIN 2 putaran lagi selesai". Masih belum selesai juga. Sampai akhirnya badan dan kaki gw udah ga bisa percaya dengan omongan di pikiran gw. Pikiran gw ga bisa ngasih ngepastian apa goalnya. Dimana tujuannya. Sampai kapan atau sampai berapa putaran lari ini bakal beres. Itu yang ngebuat gw ga bisa nyelesain sampai finis, karena di awal gw ga tau apa tujuannya.

Banyak pelajaran yang gw ambil dari 2 kejadian itu.

Sekarang, sedikit banyak gw lagi ngalamin kejadian yang kedua. Gw ga tau sampai kapan kerja di Gorontalo. Kerja yang jauh dari kota tercinta. Kota tempat gw lahir, tumbuh, dan berkembang. Jelas berbeda kalau dibandingkan dengan temen-temen gw. Ada yang kuliah di luar negeri jauh dari Bogor, tapi dia tau sampai kapan dia di luar negeri.

Eh lu sampe kapan gawe di kalimantan? Gw 2018 beres terus balik lagi ke Bogor. Eh lu sampe kapan di Korea? Insya Allah 2 taun kelar lah. Eh lu sampe kapan dinas di luwuk? Insya Allah 1,5 taun. Eh lu sampe kapan kuliah di Inggris? Insya Allah taun ini kelar.

Lu sendiri deno, sampe kapan di Gorontalo? Lalu hening, karena gw ga pernah tau apa jawaban pastinya. Sedih.

1 komentar:

  1. Home | Titanium Art | Teton Classic Furniture
    Shop Teton Classic titanium phone case Furniture at Titanium babyliss titanium flat iron Art. titanium bolts Explore our collection of Titanium Art best titanium flat iron with our unique titanium blue Teton Classic Furniture pieces on Tatian.

    BalasHapus