Pages

Selasa, 27 Mei 2014

The Next Step of My Life

Yihaaaaa. Akhirnya nulis blog lagi, setelah sekian lama tidak produktif menghasilkan tulisan di blog ini. Seneng rasanya ngeliat lagi tulisan-tulisan yang dulu. Kayanya dulu seneng banget nulis dan menumpahkan perasaan lewat tulisan di blog ini. Oke, mumpung ada waktu dan ada bahasan untuk ditulis, mari kita menarikan jari ini di atas keyboard laptop.

Sesuai dengan judulnya, saya akan menceritakan proses menuju tahap hidup selanjutnya, yaitu proses menuju dunia kerja. Akhirnya, segala puji bagi Allah, saya sekarang sudah mendapatkan pekerjaan di Bank Mandiri sebagai Officer Development Program (ODP). Sekarang saya sedang menjalani masa training di Jakarta.

Setelah melewati masa-masa sulit, yaitu masa penulisan skripsi, akhirnya saya bisa lulus juga dari kampus IPB. (Wah, jadi dapet ide baru buat bahan tulisan. Oke, next saya akan bikin tulisan mengenai PERJUANGAN saya menghadapi masa skripsi). Saya dinyatakan lulus secara administrasi oleh kampus tanggal 5 Februari 2014, bertepatan dengan ulang tahunnya Cristiano Ronaldo (apa hubungannya hehe). Saya mendapat jadwal wisuda tanggal 30 April 2014. Terdapat jarak waktu yang cukup lama. Setelah dinyatakan lulus pada tanggal 5 Februari 2014, saya berencana untuk refreshing sejenak sebelum memulai perjuangan mencari pekerjaan. Kebetulan, tim futsal fakultas saya, yaitu Tim Futsal FEM akan mengikuti kejuaraan di Bandung pada bulan Februari. Tanpa pikir panjang, saya ikut berangkat ke Bandung untuk refreshing. Saya menghabiskan waktu 2 minggu di Bandung, cukup untuk merefresh pikiran dan tenaga saya untuk memulai perjuangan mencari pekerjaan.

Tepat tanggal 1 Maret 2014, saya memulai mencari pekerjaan. Hal yang pertama saya lakukan tentunya adalah membuat Curriculum Vitae (CV), ini adalah modal awal saya untuk melamar pekerjaan. Melalui bantuan orang terkasih, akhirnya saya selesai membuat CV. Selanjutnya saya membuka internet untuk mencari informasi-informasi mengenai lowongan pekerjaan. Wah, disini saya benar-benar merasa asing dengan dunia jobseeker. Banyak hal yang belum saya ketahui. Saya banyak bertanya kepada teman-teman yang sudah bekerja agar tidak bingung dan tidak salah strategi dalam mencari pekerjaan. Saya membuat akun jobstreet dan meng-apply banyak posisi di berbagai perusahaan. Awalnya saya hanya asal apply tanpa adanya strategi dan pikiran jangka panjang. Maklum, masih awal-awal perjuangan jobseeker.

Setelah apply ke berbagai perusahaan melalui internet, akhirnya saya mendapat panggilan pertama saya untuk mengikuti proses rekrutmen. Panggilan pertama adalah dari Bank Mandiri tanggal 12 Maret 2014 untuk tahap Walk in Interview. Wah, saya cukup senang. Hanya 2 minggu dari saya memulai jobseeker sudah ada panggilan. Selanjutnya, saya mulai mendapatkan undangan untuk mengukti proses rekrutmen dari beberapa perusahaan. Proses rekrutmen dari tiap-tiap perusahaan akan saya ceritakan di postingan selanjutnya.

Ternyata, perjuangan menjadi jobseeker cukup melelahkan. Terlebih tempat testnya selalu di Jakarta yang artinya saya harus bangun dini hari dan naik kereta yang penuh dengan perjuangan. Namun, semua lelah itu terbayar sudah. Sekarang saya sudah mendapatkan pekerjaan yang saya inginkan. Semoga pekerjaan ini adalah yang terbaik bagi saya, Saya hanya berdoa, semoga Bank Mandiri cocok bagi saya dan saya cocok untuk Bank Mandiri.

Panggilan pertama tanggal 12 Maret 2014 dan mulai masuk training tanggal 12 Mei 2014. Entah ini waktu yang lama atau sebentar untuk mendapatkan pekerjaan, yang pasti saya bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah.

Berikut catatan proses jobseeker saya:
1. MT di PT Apical Asianagro Agung Jaya
2. ODP di Bank Mandiri
3. Staff di PT Nutrifood
4. MT Star di Danone
5. MT di PT Paragon
6. PPS Umum di Bank BRI
7. MT di Astra Credit Companies (ACC)
8. MDP di Bank Mega Syariah
9. MT di Sinarmas
10. MT di Astra Insurance
11. MT di Bukopin Syariah
12. MT di Alfamart

Pada postingan berikutnya, saya akan menceritakan proses rekrutmen dari masing-masing perusahaan.

0 komentar:

Posting Komentar