Pages

Kamis, 15 Juli 2010

Arti Kesenangan

Dulu ketika kecil hampir tiap sore bermain bola bersama teman-teman.Eentah itu di depan rumah, di jalanan, di garasi orang, ataupun di lapangan sebenarnya. Kita semua, bocah-bocah SD, sangat menikmati yang namanya bermain bola. Kemana pun bola berlari terus dikejar tanpa rasa lelah. Terus berebut bola menggiringnya hingga depan gawang. Gawangnya pun tidak selalu menggunakan tiang dan jaring sebagaimana mestinya yang biasa disaksikan di televisi, dengan tumpukan sandal dan batu kita jadikan gawang.
Kenikmatan bermain bola begitu terasa. Bakat-bakat alam mengalir di dalam tubuh. Tanpa ada yang mengajari, beberapa teknik tendangan dan dribling sudah dapat dipraktekkan. Entah cuaca panas, dingin, ataupun hujan, tidak menghalangi kenikmatan bermain bola. Terkadang rasa lelah sepulang sekolah pun segera hilang dengan teriakkan teman-teman di depan rumah yang mengajak bermain bola.
Setiap bermain bola, selalu ada kesenangan yang di rasa, Tidak ada batas. Bebas berlari kemana pun kita inginkan. Bebas memilih kapan untuk menendang kapan untuk menggocek. Semua mengalir mengikuti naluri. KESENANGAN bermain bola.
Tapi, yang dirasakan kini sungguh berbeda. Dengan meningkatnya ilmu yang didapat tentang bermain bola, seakan kesenangan bermain bola hilang. Kita seperti terbatasi dengan taktik-taktik yang diberi. Kebebasan setiap individu seperti dirampas. Tidak ada lagi naluri yang mengalir. Semuanya seakan sudah diatur seperti robot. Tentunya oleh pelatih yang memberi instruksi. Kamu harus lari ke sini, kamu jangan terlalu banyak drible, kamu setelah mengoper bola harus begini, begitu, blablabla. Tidak ada lagi kebebasan. Semua sudah diatur. KESENANGAN bermain bola hilang.
Gerakan tubuh kita terbatas, seolah ada halangan untuk bergerak sesuai dengan naluri kita yang diperoleh sejak kecil bermain bola.

Ingin rasanya bermain bola seperti ketika kecil dulu. BEBAS tidak ada batasan : Tertawa lepas. Berteriak lantang. Berlari kencang. Menggunakan bakat yang diberikan alam kepada tubuh ini untuk bermain bola.

Pentingnya arti KESENANGAN BERMAIN BOLA

0 komentar:

Posting Komentar